Home Hukum Pakar Teknik ITB: Reklamasi Akan Tenggelamkan Jakarta

Pakar Teknik ITB: Reklamasi Akan Tenggelamkan Jakarta

433
0
SHARE
PRIBUMI.ID – Proyek reklamasi Teluk Jakarta harus segera dihentikan oleh pemerintah, karena ditinjau dari berbagai aspek terkait akan mendatangkan lebih banyak kerugian dibamdingkan manfaat bagi negara dan rakyat.

Proyek reklamasi telah dijalankan dengan menghalalkan segala cara demi keuntungan segelintir penguasa dan pengusaha yang lebih berorientasi pada kepentingan bisnis, politik dan oligarki kekuasaan, sambil menihilkan kehidupan ratusan ribu nelayan dan prospek kerusakan lingkungan yang sangat parah, termasuk tenggelamnya Jakarta.

“Proyek reklamasi dan pembangunan Giant Sea Wall di Teluk Jakarta malah berpotensi memperparah banjir  dan Jakarta akan tengelam,” kata Pakar teknik kelautan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Muslim Muin di Gedung DPR Jakarta, Kamis (2/11).

Muslim melihat banyak yang memutar balikan fakta dan logika bahwa reklamasi akan melindungi Jakarta dari tenggelam itu kan tidak benar.

Pemerintah sudah tenggelam rasa kebangsaan di reklamasi Jakarta, karena hanya mau di bodohin oleh pengembang properti dan Belanda yang punya ide membangun proyek itu.

Solusi untuk mengatasi banjir, tegas Muslim bukan demgan cara reklamasi tapi dengan membuat tanggul pantai guna mencegah penurunan daratan.

“Reklamasi itu bukan solusi untuk penurunan muka tanah. Solusinya cukup buat tanggul pantai yang mengalami penurunan. Kan tidak semua pantai yang mengalami penurunan,” pungkasnya. | Edy/PRB

LEAVE A REPLY