Home Apple Jokowi Tinjau Proyek Dana Desa di Kukar

Jokowi Tinjau Proyek Dana Desa di Kukar

779
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, agar Dana Desa yang dikucurkan pemerintah setiap tahunnya diarahkan pemanfaatannya untuk mengerjakan apa yang dibutuhkan rakyat di desa tersebut. Dilansir Humas Sekretariat Kabenet, pernyataan ini disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau proyek Dana Desa di Desa Tani Bhakti, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutaikartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (5/12/2016).

Presiden Jikowi menunjuk contoh penggunaan Dana Desa di desa tersebut yang digunakan untuk pembuatan embung penampung air. “Di sini air kalau pas hujan gini enggak masalah. Tapi Begitu masuk ke kemarau menjadi masalah besar, baik air untuk minum, sama air untuk kebun maupun sawah. Jadi yang dikejar itu sudah betul,” ujarnya.

Dengan dana Rp 500 juta, desa tersebut bisa membuat embung tanpa menggunakan plastik sebesar 1 hektar di Kalimantan. Jika dibandingkan di Jawa, Presiden Jokowi menilai angka ini lebih murah. Ia menyebutkan, di Jawa untuk embung sebesar 1 hektar membutuhkan dana sekitar kira-kira Rp 1 miliar untuk embung dengan plastik.

“Tahun depan ini, memang kita mau kejar yang namanya embung, yang namanya kantong air, untuk semua desa yang musim kemaraunya sangat membutuhkan air. Semuanya,” tegas Presiden Jokowi seraya mengakui, jika seperti tahun-tahun sebelumnya implementasi dana desa sendiri baru terlihat akhir Desember ini.

Menyinggung pembangunan jalan Balikpapan – Samarinda, Presiden Jokowi mengharapkan akan bisa diselesaikan pada akhir 2018 mendatang. Ia menyebutkan, saat ini pembebasan lahan untuk jalan tol sudah selesai dilakukan.

“Kira-kira maksimum akhir 2018 selesai. Insha allah selesai. Sudah. Nanti akan diteruskan lagi. Ini juga baru dihitung, saya juga masih belum dapat jawaban dari Samarinda Bontang,” katanya.

Selain melihat pembuatan embung atau kantong air di Desa Tani Bhakti, dalam peninjauan tersebut Presiden Jokowi juga meninjau pembuatan tandon air di desa tersebut. (SK/WHT)

Next articleMENCARI PEMBENARAN ATAS KESALAHAN, MENAMBAH LAWAN DARI KAWAN
Alamat Redaksi/Iklan/Promosi: PRIBUMI.ID tergabung dalam MEPRINDO MEDIA GROUP (MMG) The Manhattan Square Building Mid Tower, 12th Floor Jl. TB Simatupang Kav 1 – S Jakarta, 12560 – INDONESIA p : +62 21 8064 1069 f : +62 21 8064 1001 redaksi@pribumi.id, redaksipribumi@gmail.com dikelola di bawah naungan PT Meprindo (Media Pribumi Indonesia), dengan Akta Notaris Nomor 14 / 30 Oktober 2015. Notaris Raden Reina Raf’aldini, SH, dengan Pengesahan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Nomor AHU-2463874.AH.01.01.TAHUN 2015. Sebagai media kami membuka ruang jurnalisme yang sebenarnya. CEO/Penanggung Jawab & Pemimpin Redaksi: Aendra Medita K Redaktur Senior: Susi Andrini, A. Hendrawan, Hermana HMT Redaktur Pelaksana: Rachmat Edy Rhenoz Dharma Sidang Redaksi: Hermana Lina Alfajri Suka Ajie Hendrawan Sekretaris Redaksi: Lin Business Marketing Director: Ussie Samsi Teknologi Informasi: Andre Tyo Penasehat Hukum Gan Gan R.A. , SH www.jakartasatu.com Seluruh wartawan Pribumi.ID mengunakan ID CARD dan kami melarang/ menolak keras sogokan dalam bentuk apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here