Home Dunia Nusantara Global Leadership Program

Nusantara Global Leadership Program

345
0

Tidak disangkal lagi bahwa kita berada dalam dunia yang disebut dunia global. Sebuah tatanan dunia yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dunia global ini ditandai oleh banyak hal, antara lain, keterbukaan dan kecepatan lalu lintas informasi yang semakin tidak terbendung.

Kecepatan informasi ini menjadikan dunia kita semakin mengecil dan karenanya kita semua sesungguhnya hidup dalam sebuah perkampungan kecil (small village). Atau sebagian menamainya global city (kota yang menyeluruh).

Kehidupan bersama semua manusia dalam kampung kecil ini menjadikan manusia berada dalam suasana yang tidak terhindarkan. Minimal ada dua hal di hadapan mata kita; pertama, dunia yang saling tergantung atau interdependent. Yaitu dunia yang saling membutuhkan antara satu dengan lainnya.

Kedua, dunia yang sangat kompetitif. Yaitu dunia yang menawarkan persaingan terbuka yang dahsyat. Dengan kata lain, bangsa-bangsa dunia saat ini sedang berada dalam kompetisi yang ketat.

Kedua situasi dunia itu, interdependen atau kompetitif, menuntut kesiapan yang matang dari generasi kita. Sebab di hadapan mereka hanya dua kemungkinan; ikut mengambil bahagian atau harus bersabar menjadi korban-korban globalisasi yang melanda dunia saat ini.

Nusantara GLP

Merespon tabiat dunia seperti di atas menjadikan Nusantara Foundation, sebuah organisasi non profit, yang kami dirikan tiga tahun lalu di Amerika Serikat mengambil inisiatif baru. Sebuah inisiatif yang berani, menantang, tapi terukur. Yaitu program kepemimpinan global atau Global Leadership Program.

Kali ini memasuki angkatan keempat (4th badge) dari program ini. Sejak awal memulai program ini Nusantara telah melakukan kerjasama dengan sekolah Insan Cendekia Madani Serpong.

Setiap angkatan kita batasi hanya 12 orang. Hal ini mengingat keterbatasan fasilitas yang ada saat ini. Juga karena kita ingin agar pembinaan atau pelatihan ini bisa lebih fokus.

Ada beberapa tujuan utama dari program ini, antara lain;

1. Membangun visi dan wawasan global bagi peserta
2. Menimbah pengalaman yang luas
3. Menjaring relasi (networking) global
4. Memperkuat rasa percaya diri (self confidence) di dunia global
5. Membangun skill dialog dalam dunia yang ragam (diverse)
6. Memperkuat bahasa asing (Inggris)
7. Membangun kepribadian yang independen dan bertanggung jawab
8. Menjajagi kemungkinan lanjut sekolah di Amerika Serikat.

Setelah melalui tiga angkatan program ini semakin matang dan dirasakan manfaatnya. Sehingga harapan kami kerjasama ini akan kita perluas dan buka bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia. Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi Nusantara Foundation di email: Nusantara.fondation@yahoo.com

*Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation

New York, 9 Februari 2018

|PRB/RED

Previous articleAnomali Politik Superdamai Rizieq Shihab?
Next articleMenimbang Pendamping Anies dan Jokowi di Pilpres 2019
Alamat Redaksi/Iklan/Promosi: PRIBUMI.ID tergabung dalam MEPRINDO MEDIA GROUP (MMG) The Manhattan Square Building Mid Tower, 12th Floor Jl. TB Simatupang Kav 1 – S Jakarta, 12560 – INDONESIA p : +62 21 8064 1069 f : +62 21 8064 1001 redaksi@pribumi.id, redaksipribumi@gmail.com dikelola di bawah naungan PT Meprindo (Media Pribumi Indonesia), dengan Akta Notaris Nomor 14 / 30 Oktober 2015. Notaris Raden Reina Raf’aldini, SH, dengan Pengesahan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Nomor AHU-2463874.AH.01.01.TAHUN 2015. Sebagai media kami membuka ruang jurnalisme yang sebenarnya. CEO/Penanggung Jawab & Pemimpin Redaksi: Aendra Medita K Redaktur Senior: Susi Andrini, A. Hendrawan, Hermana HMT Redaktur Pelaksana: Rachmat Edy Rhenoz Dharma Sidang Redaksi: Hermana Lina Alfajri Suka Ajie Hendrawan Sekretaris Redaksi: Lin Business Marketing Director: Ussie Samsi Teknologi Informasi: Andre Tyo Penasehat Hukum Gan Gan R.A. , SH www.jakartasatu.com Seluruh wartawan Pribumi.ID mengunakan ID CARD dan kami melarang/ menolak keras sogokan dalam bentuk apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here