Home Hukum Pigai Respon Cuitan SBY: “Kode” RUU HIP Itu Berbahaya

Pigai Respon Cuitan SBY: “Kode” RUU HIP Itu Berbahaya

242
0
Natalius Pigai

Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai merespon salah satu cuitan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait RUU HIP. Menurut Pigai, apa yang disampaikan oleh SBY tersebut boleh jadi sebuah “tanda” bahwa RUU HIP itu berbahaya.

“Kata2 itu ‘kode’ bahwa RUU HIP berbahaya dan ada aktor yang berniat jahat dan pasti kepanasan jika dibuka,” demikian katanya, Selasa (23/6/2020), di akun Twitter-nya.

Sebelumnya, SBY mencuitkan bahwa menahan untuk komentar terkait RUU HIP yang belakangan ini dilihatnya hiruk pikuk. Menurutnya lebih baik disimpan saja komentar terkait RUU HIP agar tidak semakin panas.

“Saya juga sudah membaca & mengkaji RUU tsb. Tentu ada pendapat & tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas *SBY*,” demikian cuitannya, Selasa (23/6/2020), di akun Twitter-nya.

Walau demikian, ia mengingatkan kepada pihak-pihak terkait harus sungguh berhati-hati jika berpikir, berbicara dan merancang sesuatu yang berkaitan dengan ideologi dasar dasar negara Pancasila. Apalagi jika menyentuh pula kerangka dan sistem kehidupan bernegara.

“Kalau keliru, dampaknya sangat besar *SBY*.”

Memosisikan ideologi menurut dia, harus tepat dan benar. Jangan sampai ada “ideological clash” dan perpecahan bangsa yang baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat. Ingat, proses ‘nation building’ & ‘consensus making’ yg kita lakukan sejak tahun 1945 juga tak selalu mudah. *SBY*.”

RI-JAKSAT/PRB

Previous articleIPW Serukan TNI/POLRI Harus Mundur dari Menteri dan Komisaris BUMN
Next articleKisah JA KATILI Sang Guru Besar Pertama Indonesia Ilmu Geologi dan Kisah Kota Palu Sampai NASA
Alamat Redaksi/Iklan/Promosi: PRIBUMI.ID tergabung dalam MEPRINDO MEDIA GROUP (MMG) The Manhattan Square Building Mid Tower, 12th Floor Jl. TB Simatupang Kav 1 – S Jakarta, 12560 – INDONESIA p : +62 21 8064 1069 f : +62 21 8064 1001 redaksi@pribumi.id, redaksipribumi@gmail.com dikelola di bawah naungan PT Meprindo (Media Pribumi Indonesia), dengan Akta Notaris Nomor 14 / 30 Oktober 2015. Notaris Raden Reina Raf’aldini, SH, dengan Pengesahan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Nomor AHU-2463874.AH.01.01.TAHUN 2015. Sebagai media kami membuka ruang jurnalisme yang sebenarnya. CEO/Penanggung Jawab & Pemimpin Redaksi: Aendra Medita K Redaktur Senior: Susi Andrini, A. Hendrawan, Hermana HMT Redaktur Pelaksana: Rachmat Edy Rhenoz Dharma Sidang Redaksi: Hermana Lina Alfajri Suka Ajie Hendrawan Sekretaris Redaksi: Lin Business Marketing Director: Ussie Samsi Teknologi Informasi: Andre Tyo Penasehat Hukum Gan Gan R.A. , SH www.jakartasatu.com Seluruh wartawan Pribumi.ID mengunakan ID CARD dan kami melarang/ menolak keras sogokan dalam bentuk apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here